in

ISNU, Marwah NU dan Komitmen Kebangsaan

Oleh H. A. MUZAWWIR SYAFIK, M.Th. *)

LADUNI.ID, Bangkalan – Hari Sabtu (7/3), saya dilantik sebagai Ketua Pengurus Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Cabang Bangkalan. Amanat ini akan menjadi komitmen kami bersama dalam menjaga marwah NU, yakni sebagai wadah bagi segala kepentingan kaum intelektual, profesional dan sarjana yang ada di lingkungan NU.

Peningkatan sumber daya melalui jalur pendidikan tentu adalah prioritas. Intelektualisme, profesionalisme, integritas dan spiritualisme akan terwujud jika kaum terdidik di lingkungan NU terus meningkat. Tentunya, peningkatan kuantitas itu juga harus dibareng dengan peningkatan kualitas para sarjana NU.

Kualitas kaum terdidik di lingkungan NU akan memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga marwah NU (sebagai organisasi keagamaan terbesar di Indonesia) dalam rangka ikut andil dalam memajukan bangsa dan Negara Indonesia yang kita cintai. Oleh karena itu, diperlukan sebuah langkah-langkah taktis dengan cara membentuk jaringan dengan lembaga-lembaga pemerintah dan dunia usaha sehingga para sarjana tersebut berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

Seperti yang saya katakan dalam sambutan bahwa anggota ISNU adalah terdiri dari orang yang profesional, maka ke depannya akan ada banyak program yang akan dilaksanakan. Salah satunya dengan melakukan pembentukan ISNU di masing-masing kecamatan (PAC/Pengurus Anak Cabang). Hal tersebut dilakukan untuk memasifkan gerakan dan jadi bagian dalam pembangunan.

Melalui upaya taktis itu, ISNU diharapkan dapat memberikan spirit dan dorongan bagi pemerintah untuk menjadikan Islam Ahlussunnah wal Jamaah sebagai pandangan dalam setiap pengambilan keputusan kenegaraan, terutama dalam lingkup pemerintahan Kabupaten Bangkalan. Dorongan tersebut dapat terwujud dalam bentuk regulasi maupun implementasi kebijakan-kebijakan dalam membangun Bangkalan yang lebih baik.

Komitmen kebangsaan dan keumatan itu juga menjadi modal utama kami dalam mengemban amanah di PC ISNU Bangkalan. Komitmen tersebut akan terwujud jika seluruh kader ISNU, terutama di Bangkalan, memiliki komitmen yang sama untuk mewujudkan umat yang lebih baik. Tentunya, dengan upaya-upaya tersebut dengan sendirinya dapat menjaga marwah NU.

Dengan demikian, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan amanah dan dukungan kepada kami, terutama kepada seluruh kader ISNU Cabang Bangkalan yang nantinya akan sama-sama berupaya menjaga marwah NU dan berkontribusi untuk kemajuan umat. Wallahu a’lam bisshawab…

*) H. A. Muzawwir Syafik, M.Th.I, Ketua PC ISNU Bangkalan.

Lapor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menurut kamu?

Ace Hasan Serahkan Bantuan Beasiswa Siswa Berprestasi Keluarga Pra-Sejahtera

Geruduk Gedung PT Pertani Jilid II, FPN Minta Direksi Segera Mundur