Rusia Siap Pasok Obat dan Vaksin Covid-19 ke Pasar Global

  • Whatsapp
Wanita yang memakai masker untuk melindungi dari virus corona di pusat kota St. Petersburg, Rusia, Senin (11/5)Pemerintah Rusia mengatakan siap memasok obat dan vaksin Covid-19. Ilustrasi.

Pemerintah Rusia mengatakan siap memasok obat dan vaksin Covid-19

MOSKOW — Pemerintah Rusia mengatakan siap memasok obat dan vaksin Covid-19 serta sistem uji virus ke pasar global. Menurutnya hal itu perlu dilakukan mengingat adanya risiko gelombang kedua Covid-19.

Bacaan Lainnya

Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengungkapkan sejak pandemi muncul, Rusia telah memberikan bantuan kepada negara-negara Eropa, Amerika, dan Asia. Moskow pun turut membantu lembaga-lembaga internasional seperti Organisasi Kerja Sama Shanghai, Uni Ekonomi Eurasia, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Mengingat risiko gelombang kedua pandemi, Rusia siap memasok ke pasar global sarana tindakan anti-virus langsung, termasuk obat-obatan untuk terapi badai sitokin (cytokine storm), sistem pengujian, dan vaksin,” kata Murashko pada Ahad (28/6) dikutip laman kantor berita Rusia TASS.

Terkait hal ini, Rusia siap menjalin dialog dengan berbagai organisasi internasional. Ia pun menyerukan koordinasi penelitian dan pembuatan produk medis. “Rusia sedang mengembangkan serta memproduksi obat untuk mengobati Covid-19 dan sistem uji diagnostik. Ini memungkinkan kami untuk mencegah kekurangan dan skenario dramatis pandemi,” kata Murashko.

Kasus global Covid-19 telah menembus angka 10 juta. Pandemi telah menyebabkan 500 ribu orang meninggal. Rusia memiliki 634 ribu kasus dengan 9.073 kematian.

Sumber: Republika

Pos terkait