Obama Kesal dengan Trump, Ucapan Presiden AS tak Pantas

  • Whatsapp
Barack Obama.

Istilah ‘Kung Flu’ yang dipakai Trump tak layak keluar dari mulut Presiden AS.

WASHINGTON — Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengkritik Presiden AS Donald Trump karena menyebut Covid-19 dengan istilah “Kung Flu”. Menurut Obama, pernyataan semacam itu sama sekali tidak pantas keluar dari mulut seorang presiden AS.

Bacaan Lainnya

Menurut laporan New York Times, seperti dikutip laman The Hill pada Senin (29/6), kritik itu diutarakan Obama saat menghadiri acara penggalangan dana dengan undangan khusus untuk calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden pekan lalu.

“Saya tidak ingin negara tempat presiden AS secara aktif berusaha mempromosikan sentimen anti-Asia dan menganggapnya lucu. Saya tidak menginginkan itu. Itu masih mengejutkan dan membuat saya kesal,” kata Obama.

Saat menghadiri kampanye pilpres di Tulsa, Oklahoma, pada 20 Juni lalu, Trump kembali membuat komentar provokatif tentang pandemi Covid-19. Pada momen itu dia menyebut virus Corona dengan istilah “Kung Flu”. Trump mengatakan virus Corona adalah penyakit yang memiliki banyak nama dibandingkan penyakit lainnya dalam sejarah.

“Saya bisa beri nama Kung Flu. Saya dapat memberi 19 versi nama yang berbeda. Banyak yang menyebutnya virus, banyak menyebutnya flu, apa bedanya?” kata Trump.

Sebelumnya Trump sempat menuai kritik karena menyebut virus Corona dengan istilah “virus Cina”.

Sumber: Republika

Pos terkait