Membeli Rumah Tanpa Bayar Cicilan KPR Selama Pandemi

  • Whatsapp
Direktur Repower, Rully Muliarto

Kemudahan ini tetap diberikan dua tahun kendati nantinya pandemi bisa cepat diatasi.

JAKARTA — Membeli rumah tanpa harus mencicil Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) selama pandemi Covid-19 sepertinya mustahil terjadi. Tapi itulah yang justru ditawarkan pengembang PT Repower Asia Indonesia Tbk.

Bacaan Lainnya

Repower menawarkan bebas pembayaran cicilan KPR selama dua tahun baik untuk pokok maupun bunganya. Untuk mewujudkan program pembelian rumah tanpa cicilan KPR selama pandemi ini, Repower menggandeng Bank BTN.

“Diskon ini kita berikan di proyek mulai hari ini,” ujar Direktur Repower, Rully Muliarto, dalam webinar dengan wartawan dan agen penjualan properti di Jakarta, Kamis (13/8).

Sebagai tahap pertama, pengembang yang sahamnya sudah tercatat di lantai bursa ini menawarkan diskon khusus ini untuk proyek properti, Botanical Puri Asri. Di proyek perumahan yang terletak di perbatasan antara Depok dengan Jagakarsa, Jakarta Selatan ini, Repower hanya menawarkan sebanyak 70 unit rumah. “Masih sangat terbatas,” kata Rully.

Selama dua tahun, Rully menjelaskan, pengembang yang membayarkan cicilan pokok dan bunga KPR konsumen. Menurutnya developer masih memiliki ruang untuk membayarkan cicilan KPR itu. Dengan cara ini, harga rumah tidak dinaikkan tapi konsumen diberi diskon gratis cicilan KPR selama dua tahun.

“Kita buat perjanjian kerja sama dulu dengan perbankan, Bank BTN, bahwa kita yang bayar dulu cicilan KPR konsumen selama dua tahun,” kata dia menegaskan. Pembebasan pembayaran cicilan KPR ini tetap berlaku selama dua tahun meskin nanti misalnya pandemi Covid-19 bisa cepat diatasi.

Repower menawarkan 70 unit rumah di Botanical Puri Asri karena infrastrukturnya sudah ada. Bahkan, ujar Rully, unit rumah tapak dua lantai ini sudah ada yang terbangun. Harganya dibanderol mulai dari Rp 1,3 miliar sampai Rp 1,7 miliar.

“Setelah akad, enam sampai delapan bulan berikutnya, rumah sudah siap huni,” ujarnya dan menyebutkan bahwa Repower juga sudah menyiapkan beberapa landbank untuk mengembangkan program ini di tempat lain. Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) Bank BTN, Suryanti Agustinar, mengakui belum pernah ada pengembang yang benar-benar memberikan diskon berupa bebas bayar angsuran pokok dan bunga KPR selama dua tahun. “Ini luar biasa,” katanya.

Menurutnya perbankan dan developer memang harus bersama-sama menjalin sinergi dan inovasi untuk menyiasati situasi di tengah pandemi. Perbankan memberikan kemudahan dari segi biaya, suku bunga, dan jangka waktu. Perbankan juga memberikan aplikasi kredit secara online untuk memudahkan konsumen.

Sumber: Republika

Pos terkait