Peletakan Batu Pertama Program Gerbang Emas, Direktur Pembiayaan PSP Ajak Petani Bantu Sukseskan Kegiatan

  • Whatsapp
IMG 20201020 WA0038

Direktorat Pembiayaan – Makassar. Untuk mendukung peningkatan produksi pertanian dibutuhkan sarana dan prasarana pasca panen baik yang bersumber dari bantuan pemerintah maupun dari swadaya petani. Sejalan dengan itu Direktorat Jenderal Prasana dan Sarana Pertanian melalui Direktorat Pembiayaan Pertanian melaksanakan kegiatan Pilot Percontohan Gerakan Pembangunan Ekonomi Masyarakat (Gerbang Emas) Sektor Pertanian di daerah sentra produksi.

Pilot Percontohan Gerbang Emas ini salah satunya akan direalisasikan di Desa Bola Romang, Kecamatan Tamnbolo Pao, Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan. Direktur Pembiayaan PSP Kementerian Pertanian, Ir. Indah Megahwati, MP bersama Firdaus Hasan, Staf Ahli Menteri Pertanian Republik Indonesia menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan gudang penyimpanan hasil pertanian untuk komoditi hortikultura di desa Bola Romang pada Selasa (20/10/2020).

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan tersebut, Indah Megahwati mengajak seluruh stakeholder yang ada untuk ikut menyukseskan kegiatan ini. “Bapak, Ibu petani yang ada disini, saya minta untuk dapat ikut serta mengerjakan program ini. Karena nanti ketika ini sudah selesai dan jadi, yang akan merasakan manfaatnya secara langsung adalah petani-petani yang ada disini” tutur Indah.

Selanjutnya Direktur Pembiayaan PSP juga menyampaikan bahwa selain gudang penyimpanan, juga akan dibangun cold storage agar komoditi holtikultura hasil panen di Bola Romang dapat tetap terjaga kualitasnya. Indah juga mendorong masyarakat untuk membuat ekosistem bisnis yang baik dengan cara produk pertanian dijual sudah dalam bentuk olahan dengan kemasan yang menarik, untuk meningkatkan nilai jual.

“Gerbang Emas ini kami harapkan mampu mendorong kemandirian petani, meningkatan taraf ekonomi masyarakat, juga sebagai percepatan pertumbuhan ekonomi desa di era covid-19” Ucap Firdaus Hasan dalam sambutannya. Kepala Desa Bola Romang, Arsad juga menuturkan dari 1700 warga desa, 80% pekerjaannya adalah petani dan peternak, karena hal tersebut, Arsad sangat berterimakasih atas program Gerbang Emas ini.

Kegiatan peletakan batu pertama tersebut secara simbolik dimulai oleh Indah Megahwati (Direktur Pembiayaan PSP), diikuti oleh Firdaus Hasan (Staf Ahli Menteri Pertanian), Kepala Dinas Hortikultura Kabupaten Gowa, Camat Kecamatan Tambolo Pao dan Kepala Desa Bola Romang kemudian diakhiri dengan pemotongan tumpeng.

Pos terkait