Bank Danamon Ekspansi Segmen Enterprise Banking

  • Whatsapp
Bank Danamon (ilustrasi). PT Bank Danamon Indonesia Tbk berekspansi pada kredit segmen enterprise banking.

Pertumbuhan kredit segmen enterprise banking mencapai 26 persen.

JAKARTA — PT Bank Danamon Indonesia Tbk berekspansi pada kredit segmen enterprise banking. Hal ini berkat kolaborasi dengan MUFG.

Bacaan Lainnya


Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki mengatakan, didukung kolaborasi yang kuat dengan MUFG, kredit kepada segmen enterprise banking terus berekspansi dengan pertumbuhan sebesar 26 persen dibandingkan tahun lalu. Pendanaan melanjutkan tren penguatan, dimana dana murah dari giro dan tabungan (CASA) tumbuh 13 persen secara tahunan. 


“Pertumbuhan ini membawa rasio CASA pada tingkat yang sehat sebesar 51,5 persen,” kata Yasushi dalam keterangan resmi, Kamis (29/10).


Selanjutnya kredit segmen enterprise banking yang terdiri dari segmen perbankan korporasi, perbankan komersial, dan institusi keuangan (EB & FI) naik 26 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp 53,1 triliun. Adapun pertumbuhan ini didukung oleh kolaborasi dengan MUFG. 


Segmen perbankan usaha kecil menengah (UKM) dan kredit kepada segmen consumer masing-masing sebesar Rp 25,8 triliun dan Rp 11,6 triliun pada akhir September 2020.


Dari segmen pembiayaan kendaraan bermotor, Adira Finance mencatat pembiayaan total sebesar Rp 45,7 triliun pada sembilan bulan pertama tahun ini, di tengah perlambatan pada industri otomotif. Adapun total portofolio kredit dan trade finance sebesar Rp 137,9 triliun pada akhir September 2020.


“Bank Danamon menjaga penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaan kualitas aset melalui pelaksanaan prosedur penilaian risiko, serta proses collection dan recovery kredit yang disiplin,” ungkap Yasushi.


Sebagai hasilnya, rasio kredit bermasalah atau NPL pada akhir semester pertama 2020 tercatat membaik ke posisi 3,2 persen pada akhir kuartal ketiga 2020. Bank Danamon juga membantu nasabah yang terkena dampak Covid-19 melalui restrukturisasi kredit.


Di sisi pendanaan, Bank Danamon terus fokus terhadap pendanaan granular yang tumbuh 12 persen dibandingkan setahun yang lalu. Giro dan tabungan (CASA) tumbuh 13 persen secara setahunan. Tercatat hingga September 2020, CASA mencakup lebih dari setengah total dana pihak ketiga Bank Danamon dengan rasio CASA sebesar 51,8 persen. 


 

Sumber: Republika

Pos terkait