Jelang Imlek, Pertamina Tambah 8.500 Tabung Elpiji di Riau

  • Whatsapp
Jelang hari raya Imlek yang jatuh pada tanggal 12 Februari mendatang, PT Pertamina (Persero) Regional Sumatera bagian Utara (Sumbagut) memastikan stok elpiji aman dan tersedia di wilayah Riau.

Saat ini konsumsi elpiji kecenderungan masih normal, tidak ada peningkatan signifikan

PEKANBARU — Jelang hari raya Imlek yang jatuh pada tanggal 12 Februari mendatang, PT Pertamina (Persero) Regional Sumatera bagian Utara (Sumbagut) memastikan stok elpiji aman dan tersedia di wilayah Riau.

Bacaan Lainnya

“Stok elpiji dapat dipastikan aman dan tersedia di pangkalan wilayah Riau,” ujar Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina Regional Sumbagut, Taufikurachman, seperti dalam siaran persnya, Kamis (11/2).

Ia menjelaskan, berdasarkan realisasi pada waktu sebelumnya, peningkatan konsumsi elpiji saat hari raya Imlek terjadi di beberapa daerah yakni Pekanbaru, Bengkalis, Rokan Hilir, dan Meranti. Untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan pada saat Imlek, pihaknya telah menyiapkan pasokan tambahan hingga lima persen atau 8.500 tabung.

“Saat ini untuk konsumsi elpiji kecenderungan masih normal, tidak ada peningkatan yang signifikan. Meskipun begitu, kita telah menyiapkan pasokan tambahan elpiji sebanyak 8.500 tabung atau lima persen dari alokasi normal harian sebanyak 170 ribu tabung,” katanya.

Taufikurachman mengimbau agar masyarakat dapat membeli elpiji di pangkalan resmi Pertamina supaya kualitas dan HET (Harga Eceran Tertinggi) tetap terjaga.

Selain itu, ia mengatakan stok BBM dalam posisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Rata-rata konsumsi harian untuk BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) adalah 2.500 kiloliter (KL) dan Gasoil (Solar, Dexlite, Pertamina Dex) sebanyak 2.000 KL di wilayah Riau.

Menjelang imlek, pihaknya memprediksi akan ada kenaikan konsumsi BBM sebanyak 3 hingga 6 persen. Untuk Gasoline kecenderungan naik 5 sampai 6 persen, kenaikan terbesar untuk produk Pertamax, sedangkan Gasoil rata-rata kenaikan 3 sampai 5 persen untuk arus barang ke beberapa lokasi.

“Selamat Tahun Baru Imlek 2572 bagi masyarakat yang merayakan, tetap patuhi protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker dan sering cuci tangan,” ujarnya.

Sumber: Republika

Pos terkait