Sembuh dari Covid, Ini Kata Wanita 116 Tahun

  • Whatsapp
Virus corona (ilustrasi).

Randon tetap tenang setelah tahu positif Covid.

Lucile Randon sudah sangat renta. Wanita berusia 116 tahun itu sudah tak dapat melihat dan menghabiskan sebagian besar hari-harinya di kursi roda. Kendati kondisi fisiknya demikian, bukan berarti dia tak menjadi target penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Pada 16 Januari lalu, Randon atau dikenal dengan nama Suster Andre sejak bergabung dengan ordo amal Katolik pada 1944, didiagnosa mengidap Covid-19 di panti jompo Sainte Catherine Laboure di Toulon, Prancis. Kabar itu seketika memantik kekhawatiran. Pertanyaan pun muncul, mampukah dia melawan penyakit yang sudah membunuh lebih dari 2 juta manusia di seluruh dunia tersebut?

Wanita yang menyandang predikat sebagai orang tertua di Eropa itu menjawabnya dengan kesembuhan. Setelah sekitar tiga pekan, dia berhasil mengalahkan Covid-19. Saat dinyatakan positif terinfeksi virus korona, Randon tak memperlihatkan gejala apa pun. Namun dia tetap harus menjalani isolasi.

Saat diwawancara stasiun televisi BFM Prancis, Randon mengaku sama sekali tidak takut saat mengetahui dirinya mengidap Covid-19. “Tidak, saya tidak takut, karena saya tidak takut mati. Saya senang bersama kalian, tapi saya ingin di tempat lain, bergabung dengan kakak laki-laki saya dan kakek serta nenek saya,” ucapnya, Rabu (10/2).

Juru bicara panti jompo Sainte Catherine Labouré David Tavella mengungkapkan, sejak dinyatakan positif mengidap Covid-19, Randon tetap tenang. “Kami menganggap dia akan sembuh. Dia sangat tenang dan dia berharap merayakan ulang tahunnya yang ke-117 pada hari Kamis (11/2),” ujarnya.

Tavella mengatakan, meski sudah mengetahui mengidap Covid-19, Randon tak pernah bertanya kepadanya tentang kondisi kesehatannya. Dia justru menanyakan perihal kebiasaannya. “Misalnya, dia ingin tahu apakah jadwal makan atau waktu tidur akan berubah. Dia tidak menunjukkan rasa takut akan penyakit itu. Di sisi lain, dia sangat prihatin dengan warga lainnya,” ucap Tavella.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

Pos terkait