Dinilai Gagal Tangani Penyebaran Covid-19, ISPI Sarankan Presiden Jokowi Mundur

  • Whatsapp
IMG 20210212 WA0002

JAKARTA,- Direktur Kajian Indonesian Of Social Political Institute (ISPI), Deni Iskandar menilai, langkah pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi tidak punya grand design yang jelas terkait penanganan penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Dalam keterangan tertulis saat dimintai komentar, Jumat (12/02) Deni menjelaskan, kebijakan-kebijakan Presiden Jokowi yang dibuat selama adanya Covid-19, terlihat kacau dan tidak populis.

Bacaan Lainnya

Ia mencontohkan, salah satu kebijakan yang tidak populis dan tidak tepat sasaran yakni, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan program Bantuan Sosial (Bansos) yang saat ini berujung pada masalah hukum.

“Semua kebijakan Jokowi ini, bagi saya salah langkah semua. Banyak kebijakan yang dibuat ini tidak tepat sasaran. Misalnya, soal kebijakan PSBB maupun soal kebijakan Program Bansos” katanya

“Kebijakan PSBB ini bagi saya, merupakan awal terjadinya defisit APBN. Karena terus terang ya, Covid-19 ini sudah berjalan satu tahun. Faktanya apa, justru banyak orang yang kena Covid-19 bahkan sudah satu juta orang yang kena. Ini artinya, kebijakan PSBB mau apa pun bentuk dan namanya, jelas tidak efektif dan salah langkah,” terangnya

Selain itu, Ia juga menyinggung soal korupsi program Bantuan Sosial yang menurutnya, proses penanganan hukumnya jalan di tempat.

“Kemudian juga soal Program Bansos. Kita hari ini justru menantang KPK maupun komitmen Presiden bicara soal penegakan hukum. Berani tidak KPK mengusut tuntas persoalan korupsi Bansos ini. Karena bagaimana pun, yang terlibat jelas, kader PDIP yang itu adalah partainya Jokowi,” pungkasnya. (Haji Merah)

Pos terkait