Rooney Wajibkan Foden dan Grealish Masuk Timnas

  • Whatsapp
Phil Foden dari Manchester City (tengah) melakukan selebrasi setelah mencetak gol keempat timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Manchester City di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, akhir pekan lalu.

Keduanya sedang jadi bintang di klub masing-masing.

 LONDON — Mantan striker Manchester United (MU) dan timnas Inggris, Wayne Rooney, menyarankan pelatih tim Tiga Singa Gareth Southgate, untuk memberikan tempat pada Phil Foden dan Jack Grealish di skuat timnas Inggris yang bakal berlaga di Piala Eropa 2020. Menurut Rooney, kehadiran dua pemain tersebut dapat memberikan dimensi berbeda buat performa The Three Lions. 

Bacaan Lainnya


Usai membawa Aston Villa bertahan di Liga Primer Inggris pada musim lalu, Jack Grealish masih menjadi andalan Villa di pentas Liga Primer Inggris musim ini. 


Kreativitas dan visi bermain gelandang serang berusia 25 tahun itu dianggap menjadi salah satu penyokong utama permainan Villa. Kapten Villa itu tercatat telah mengemas 12 assist dan enam gol dari 21 penampilan di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Sementara Grealish masih menjadi nyawa permainan Villa, Phil Foden tampil sebagai andalan baru Manchester City. Performa gelandang berusia 20 tahun itu dinilai mengalami kemajuan pesat. 


Berposisi asli sebagai gelandang tengah, Foden kini mampu ditempatkan sebagai gelandang serang ataupun pemain sayap. Foden tercatat mampu mengemas lima gol dan tiga assist dari 17 penampilan di pentas Liga Primer Inggris. Terakhir, Foden berhasil menyumbangkan satu gol dan satu assist kala City membungkam Liverpool, 4-1, akhir pekan lalu. 


Secara keseluruhan, jebolan akademi sepak bola Manchester City itu telah mengemas 10 gol dan enam assist dari 26 penampilan di semua ajang. Berkaca dari performa impresif Foden dan Grealish tersebut, Rooney menyarankan Southgate untuk menyertakan dua pemain tersebut di Piala Eropa 2020, yang rencananya bakal digelar pada Juni 2021 mendatang. 


Secara khusus, pelatih Derby County itu pun memuji performa Foden. Menurutnya, Foden merupakan salah satu pemain muda terbaik di Liga Primer Inggris musim ini. Pelatih City, Pep Guardiola, kata Rooney, telah berhasil memaksimalkan potensi yang dimiliki Foden. 


”Mereka harus berada di skuat Inggris dan harus tampil, karena mereka memang pemain yang luar biasa. Untuk Foden, dia sudah berada di jalur yang tepat. Dia adalah salah satu pemain terbaik di Liga Primer Inggris musim ini. Saya harap, dia membawa performanya itu di timnas Inggris. Dia, dengan Grealish, bisa memberikan dimensi berbeda di timnas Inggris,” tutur Rooney seperti dilansir Daily Mail, Jumat (12/2). 


Baik Foden dan Grealish memang belum mendapatkan kesempatan tampil secara reguler di timnas Inggris. Melakoni debut bersama timnas Inggris senior pada September 2020 silam, Foden baru mengemas tiga caps bersama The Three Lions. 


Sedangkan Grealish sudah lebih dulu dipercaya melakoni debut bersama timnas Inggris senior, tepatnya pada Agustus 2020. 


Hingga kini, Grealish baru tampil di lima pertandingan bersama timnas Inggris.

Sumber: Republika

Pos terkait