Dukung Target 1 Juta Vaksin, Lippo Siapkan 39 RS dan 74 Mall

  • Whatsapp
Kiri-kanan:  1. Chief Executive Officer PT. Lippo Karawaci Tbk, John Riady.  2. Perwakilan Lippo Malls Indonesia, Henry Riady  3. Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady.  4. Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Charles Honoris.  5. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

Kegiatan ini di dukungan tenaga medis dan vaksin yang disiapkan jaringan RS Siloam

JAKARTA–Upaya mempercepat pencapaian target 1 juta vaksin perhari mendapat sambutan hangat dari kalangan pengembang. Hal itu dilakukan Lippo Malls dan Siloam Hospitals Group dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  menyiapkan area di 74 mal di seluruh Indonesia dengan tenaga medis vaksinasi yang disiapkan dari 39 rumah sakit (RS) jaringan Siloam Hospitals Group.  

Bacaan Lainnya


Bentuk dukungan kerja sama itu direalisasikan pada 9 Maret 2021 yang dihadiri  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang menghadiri vaksinasi bagi lansia di Lippo Mall Puri. Budi menyatakan pemerintah menargetkan 21,6 juta lansia sudah di vaksinasi hingga Juni mendatang. Menurutnya hal itu bisa saja terwujud sejauh mendapat dukungan dari DPR dan masyarakat luas. Kemenkes sendiri harus melakukan vaksin terhadap 185 juta penduduk dalam setahun. 


Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris, Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Chief Executive Officer PT. Lippo Karawaci Tbk. John Riady dan  Deputy President Director Siloam Hospitals Group Caroline Riady  juga hadir di acara tersebut. Lippo Mall Puri merupakan tempat vaksinasi untuk Lansia.


Komisaris Utama PT Lippo Karawaci, Tbk. John A. Prasetio menyatakan gerakan bersama sukseskan program vaksinasi nasional direalisasikan dengan menyiapkan lokasi layanan vaksinasi di Lippo Mall.  Kegiatan ini di dukungan tenaga medis dan vaksin yang disiapkan  jaringan RS Siloam Group yang tersebar di seluruh Indonesia. “Ini adalah bentuk kepedulian Lippo untuk turut berpartisipasi membantu Pemerintah dalam mendistribusikan vaksin secara merata kepada masyarakat dan mempercepat target vaksin,” kata  John A. Prasetio.


 “Kami menyambut baik kerja sama ini karena dengan penambahan lokasi vaksin tentunya akan menambah percepatan proses vaksinasi kepada  masyarakat yang telah divaksin, menekan penyebaran Covid-19 di masyarakat sehingga diharapkan dapat mempercepat pemulihan perekonomian nasional. Mal dipilih sebagai alternatif layanan vaksin karena memiliki akses yang mudah dijangkau masyarakat,” kata CEO PT Lippo Karawaci,Tbk John Riady dalam keterangan tertulisnya Selasa (9/3). 


Lippo Mall Puri menyiapkan area yang  mampu melayani 500 peserta vaksin dan akan ditingkatkan menjadi 1.000 peserta vaksin per hari sesuai kuota dari Kemenkes.  Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan dukungan tenaga kesehatan yang disiapkan Siloam Hospitals Group. 


Setiap harinya layanan vaksin lansia beroperasi pada hari  Senin hingga Sabtu, mulai pukul 10.00 WIB  sampai dengan pukul 16.00 WIB selama tiga bulan ke depan dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan. Layanan vaksinasi di Lippo Mall Puri akan  memprioritaskan masyarakat yang memiliki KTP DKI Jakarta untuk membantu percepatan program vaksinasi khususnya di wilayah Jakarta Barat dan juga wilayah DKI Jakarta.


Sebelumnya, Siloam Hospitals Group juga telah bekerja sama dengan Lippo Malls dengan membuka layanan serupa di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan mulai 4 Maret 2021. Kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat dan terbukti dengan tingginya animo peserta setiap hari yang dilayani oleh petugas medis Siloam Hospitals Group.  


“Kami senantiasa mendukung Pemerintah dalam upaya penanggulangan pandemi di Indonesia, mulai dari pengadaan ragam tes Covid-19 di seluruh unit RS kami, peningkatan fasilitas dan kapasitas RS khusus Covid-19, serta bersama-sama mensukseskan program vaksinasi,” kata John. 


Sejalan dengan program Pemerintah, kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lansia tanpa dipungut biaya. Calon peserta vaksin terlebih dahulu diminta untuk mendaftarkan diri melalui situs resmi milik Kementerian Kesehatan yaitu dki.kemkes.go.id, kemudian membuat perjanjian melalui aplikasi MySiloam, dan mengisi formulir persetujuan dari tautan bit.ly/vaksincovid19shkj.


Lippo Malls Indonesia (LMI) merupakan pengembang dan operator mal terbesar di Indonesia yang memiliki dan mengelola lebih dari 74 mal yang tersebar di 40 kota  di seluruh Indonesia. Saat ini LMI mengelola lebih dari 3 juta meterpersegi gross area dan memiliki 13.000 tenant di seluruh malnya. Mal-mal tersebar di Jabodetabek, Bandung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Indonesia bagian Timur seperti Makassar, Manado, Bali dan Kupang.

Sumber: Republika

Pos terkait