Hari Musik Nasional, JOOX Hadirkan Playlist Tiap Dekade

  • Whatsapp
Bertepatan dengan Hari Musik Nasional, JOOX bekerja sama dengan pegiat musik Indonesia David Tarigan menghadirkan daftar lagu khusus.

Masing-masing playlist menggambarkan fenomena musik Indonesia di setiap dekade.

 JAKARTA — Bertepatan dengan Hari Musik Nasional, JOOX bekerja sama dengan pegiat musik Indonesia David Tarigan menghadirkan daftar lagu khusus. Masing-masing playlist menggambarkan fenomena musik Indonesia di setiap dekade.

Bacaan Lainnya


Penikmat musik dapat mengenal dan mengapresiasi keberagaman musik Indonesia dari 1970-an hingga 2010-an. Setiap playlist telah dikurasi berdasarkan pilihan lagu terbaik yang menjadi ikon dan ciri khas musik dari tiap dekade.


Head of Marketing JOOX Indonesia, Yuanita Agata, mengatakan bahwa musik adalah bahasa untuk mengekspresikan kata hati. Melalui musik, setiap orang dapat mengetahui fenomena suatu peradaban, juga mengapresiasi karya musisi Tanah Air.


“Spesial untuk merayakan Hari Musik Nasional kali ini, JOOX mengajak anak muda untuk menjelajahi waktu dan bernostalgia mendengarkan musik-musik Indonesia populer dari tahun 70-an,” ujar Yuanita lewat pernyataan resminya.


David Tarigan menyampaikan, Hari Musik Nasional merupakan momen pengingat untuk terus mengapresiasi keragaman karya musik. Sekaligus, bisa mempelajari sejarah musik sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa.


“Banyak peristiwa musik di Indonesia yang terjadi dalam kurun waktu 40 tahun. Tiap dekade ditandai oleh ciri khas dan tonggak sejarah yang dipengaruhi oleh berbagai faktor,” ucap David.


JOOX bersama David Tarigan mengajak seluruh penikmat musik untuk menjelajahi perjalanan musik Indonesia melalui daftar lagu di aplikasi JOOX. Berikut deretan playlist yang direkomendasikan.


 


1. Musik Pop 1970-an


Musisi populer kala itu termasuk grup Koes Plus, Chrisye, Titiek Puspa, dan Ebiet G Ade. Masing-masing menelurkan karya hit dan lagu-lagu yang unik dan legendaris. Era ini juga menjadi saksi munculnya musik dangdut di Tanah Air.


Dangdut merupakan akulturasi musik Melayu dan India. Utamanya kehadiran pergerakan musik dangdut ditandai dengan munculnya Raja Dangdut Rhoma Irama. Selain itu, ajang kompetisi “Lomba Cipta Lagu Remaja” Prambors (LCLR) ikut mengukir sejarah.


LCLR mendobrak stagnasi dalam industri musik pop, lantas banyak melahirkan musisi baru di tahun-tahun selanjutnya. Deretan lagu legendaris pada era tersebut dengan ciri khasnya bisa disimak pada playlist di JOOX.


 

Sumber: Republika

Pos terkait