Vinyl ‘Mata Dewa’ Bentuk Apresiasi untuk Iwan Fals

  • Whatsapp
Musisi Iwan Fals (kiri)

Iwan Fals merilis ulang album ‘Mata Dewa’ dalam piringan hitam.

 JAKARTA — Di era musik digital, eksistensi piringan hitam bisa dibilang semakin redup. Namun Musica Studio seolah ingin menepis hal tersebut dengan getol merilis album para musisi legendaris tanah air dalam format piringan hitam.

Bacaan Lainnya


Setelah sukses merilis ulang album Nike Ardilla dalam format piringan hitam, kini Musica melakukan hal serupa pada album “Mata Dewa” Iwan Fals. Produser Musica Studio, Indrawati Widjaja atau akrab disapa Bu Acin, mengungkap beberapa alasan yang mendorong perilisan album dalam bentuk vinyl ini.


Menurut dia, perilisan ini bertujuan untuk mengapresiasi karya terbaik dari Iwan Fals. Piringan hitam yang merupakan rilisan fisik paling tahan lama menjadi salah satu ikhtiar dalam mengabadikan karya musik Iwan Fals.


“Daya tahan piringan hitam kan lebih lama, jadi diharapkan lagu-lagunya juga selalu abadi di hati penggemar,” kata Bu Acin dalam konferensi pers pada Selasa (9/3).


Musica juga ingin memperdengarkan lagu-lagu fenomenal dari musisi legendaris seperti Iwan Fals kepada milenial. “Tentunya kami ingin mengenalkan album yang fenomenal dari iwan fals kepada lebih banyak pendengar, khususnya anak muda,” kata Bu Acin.


Tak hanya itu, Musica juga ingin membangkitkan kembali gairah para kolektor piringan hitam. Menurutnya hingga kini masih banyak para pecinta musik yang hobi mengoleksi piringan hitam.


“Pada kenyataannya rilisan fisik seperti vinyl itu masih banyak dicari, dinikmati dan dikoleksi. Format vinyl juga daya tahannya lebih lama ketimbang fisik lain,” kata Bu Acin.


Terdapat sepuluh lagu dalam album ‘Mata Dewa’ dari Iwan Fals yaitu Mata Dewa, PHK, Nona, Air Mata Api, Bakar, Puing, Berkacalah Jakarta, Yang Terlupakan, Perempuan Malam dan Pinggiran Kota Besar. Perilisan ulang album ini juga sebagai bagian menyambut “Hari Musik Nasional” pada 9 Maret. 


Tidak hanya dirilis dalam piringan hitam, album ‘Mata Dewa’ juga bisa dinikmati di seluruh platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, Joox, Langit Musik, Youtube Music, Noice dan Resso. Untuk official video clip dapat disaksikan di platform Vidio dan Youtube Musica Studio’s. Untuk video karaoke dapat dinikmati di channel Youtube Musica Karaoke.

Sumber: Republika

Pos terkait