Aktris Youn Yuh-jung Catat Sejarah di SAG Awards

  • Whatsapp
Salah satu adegan dalam film Minari.

Youn Yuh-jung raih ‘Aktris Pemeran Pendukung Terbaik’ di SAG Awards.

LOS ANGELES — Bintang film “Minari” Youn Yuh-jung sukses membawa pulang penghargaan Screen Actors Guild (SAG) Awards sebagai aktris terbaik untuk kategori pemeran pendukung. Penghargaan ini sekaligus mencatatkan sejarah bagi Yuh-jung, sebagai aktris Korea Selatan pertama yang memenangkan kategori tersebut.

Bacaan Lainnya

Yuh-jung berhasil mengalahkan Maria Bakalova (Borat Subsequent Movie Film), Glenn Close (Hillbilly Elegy), Olivia Colman (The Father) dan Helena Zengel (News of the World) pada SAG Awards yang digelar Ahad malam waktu setempat.

“Saya tidak tahu bagaimana menjelaskan perasaan saya, karena sekarang saya dikenali oleh publik Barat. Saya sangat senang, dan berterima kasih kepada kru dan tim Minari,” kata Yuh-jung dalam pidato kemenangannya seperti dilansir dari Hollywood Reporter pada Selasa (6/4).

Yuh-jung menjadi pemenang Asia pertama untuk kategori aktris pendukung terbaik. Sebelumnya di tahun 2019, aktris Asia lain yaitu Sandra Oh juga mendapat penghargaan di SAG Awards untuk kategori Aktris Televisi Terbaik. 

Yuh-jung memainkan peran penting dalam drama keluarga imigran arahan Lee Isaac Chung. Ia berperan sebagai nenek bernama Soonja, yang mengunjungi keluarganya di Arkansas dari Korea.

Film “Minari” juga dinobatkan sebagai ansambel terbaik dalam kategori yang terdiri dari kelompok film paling inklusif rasial dalam sejarah SAG. Nominasi SAG begitu didambakan para sineas, karena anugerah ini menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam Oscar.

Pemenang pemeran terbaik tahun lalu, Parasite, juga film berbahasa Korea, kemudian memenangkan Oscar teratas. Acara SAG Awards ke-27 kali ini digelar terbatas dan virtual karena pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman.

Sumber: Republika

Pos terkait