Guru Harus Cepat Jadi Prioritas Vaksinasi

  • Whatsapp
Vaksinator mempersiapkan vaksin Covid-19 Astrazeneca sebelum diberikan kepada warga (ilustrasi).

Guru Harus Cepat Jadi Prioritas Vaksinasi.

JAKARTA — Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian mengatakan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) memang harus mendapatkan vaksinasi. Ia menilai, guru harus cepat divaksin dan menjadi prioritas agar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bisa segera dimulai.

Bacaan Lainnya


“Kami mengapresiasi terutama terkait pengadaan vaksinasi,” kata Hetifah, dalam keterangannya, Selasa (6/4).


Sudah satu tahun pandemi Covid-19 melanda dunia dan menimbulkan dampak sosial negatif yang berkepanjangan. Dampak-dampak yang sudah tercatat di Indonesia seperti putus sekolah, penurunan capaian belajar, dan kekerasan pada anak.


The World Bank melansir, penutupan sekolah di seluruh dunia diperkirakan dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan seumur hidup dari generasi yang saat ini berada di usia sekolah sebesar paling tidak 10 triliun dolar AS. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyatakan bahwa penutupan sekolah memiliki dampak negatif bagi perkembangan kesehatan, pendidikan, pendapatan keluarga, dan perekonomian secara keseluruhan.


 Indonesia adalah satu dari empat negara di kawasan timur Asia dan Pasifik yang belum melakukan pembelajaran tatap muka secara penuh. Sementara 23 negara lainnya sudah. UNICEF menyebut bahwa anak-anak yang tidak dapat mengakses sekolah secara langsung semakin tertinggal dan dampak terbesar dirasakan oleh anak-anak yang paling termarjinalisasi.


Salah satu pengajar di KB dan TK Kartika 58, Erlin Oktyawardani mengatakan untuk anak usia dini memang PTM sangat dibutuhkan. Ia pun mendukung untuk PAUD segera dibuka untuk tatap muka terbatas.


“Saya mendukung pelaksanaan PTM terutama untuk anak usia dini karena kebutuhan anak-anak PAUD sangat perlu bimbingan dan pendampingan langsung. Pembelajaran daring kurang efektif untuk membangun karakter anak-anak usia dini,” kata Erlin.


 


 


 


 

Sumber: Republika

Pos terkait