Layanan Digital PP-IPTEK Ajak Anak Belajar Sains Daring

  • Whatsapp
Sains (Ilustrasi)

PP-IPTEK VIRTUAL berisikan konten alat peraga dan program sains PP-IPTEK.

JAKARTA — Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengembangkan layanan digital untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses program dan kegiatan yang ada di PP-IPTEK. Direktur PP-IPTEK M Syachrial Annas mengatakan, layanan digital PP-IPTEK bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah dan universitas, serta memudahkan masyarakat khususnya generasi muda untuk mengakses.

Bacaan Lainnya

“Minat kunjungan terhadap PP-IPTEK masih tinggi, ada beberapa sekolah yang menyatakan minat untuk mengunjungi PP-IPTEK melalui virtual, sehingga kita inisiasi melakukan transformasi layanan berbasis digital,” kata Syachrial, dalam keterangannya, Selasa (6/4).

Ia berharap ke depan bahwa transformasi layanan digital ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan kapasitas dan kapabilitas generasi muda dalam bidang sains dan teknologi. Keberadaan PP-IPTEK sebagai science center di Indonesia dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat.

Aplikasi PP-IPTEK VIRTUAL merupakan layanan kunjungan galeri berbasis digital yang dapat diakses secara daring oleh seluruh masyarakat. Layanan PP-IPTEK VIRTUAL berisikan konten alat peraga dan program sains PP-IPTEK yang dikemas dalam beberapa media, seperti media teks, gambar, dan video pembelajaran.

Fasilitas akun premium menyediakan lebih banyak fasilitas dan manfaat kepada masyarakat daripada akun biasa. Pada fasilitas premium menampilkan video pembelajaran alat peraga dan percobaan sains sehingga pengunjung mendapatkan informasi sains yang lebih mendalam seperti layaknya berkunjung secara langsung ke PP-IPTEK.

Selain itu, fasilitas ini menyediakan modul Lembar Kerja Siswa (LKS) bagi pengunjung yang akan mereka isi pada saat menonton video pembelajaran alat peraga. Informasi dan pertanyaan yang tercantum pada LKS ini akan memandu pengunjung yang mengisi untuk berpikir kritis pada fenomena sains yang terjadi pada sebuah alat peraga pembelajaran.

Untuk mengakses fasilitas premium ini pengunjung tidak perlu mengocek uang terlalu banyak, hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 13.750 maka pengunjung dapat mengelilingi PP-IPTEK secara Virtual selama 1 hari penuh. Pengunjung juga dapat memperpanjang kunjungannya di PP-IPTEK Virtual selama satu pekan dengan biaya Rp 27.500, atau Rp 55.000 selama 1 bulan.

Untuk dapat mengakses PP-IPTEK VIRTUAL, pengunjung cukup mengunjungi laman PP-IPTEK di ppiptek.ristekbrin.go.id dan masuk dalam fitur VIRTUAL TOUR yang akan memperlihatkan link unggah aplikasi PP-IPTEK VIRTUAL. Masyarakat dapat mengunggah link tersebut dan mengakses melalui telepon seluler. Ke depannya aplikasi ini akan dapat diakses juga melalui fasilitas komputer atau laptop.

Inas Widyanuratikah

Sumber: Republika

Pos terkait