Youn Yuh-jung Aktris Korea Pertama Peraih SAG Awards 2021

  • Whatsapp
Salah satu adegan dalam film Minari.

Youn Yuh-jung raih pemeran pendukung terbaik di SAG Awards.

SEOUL — Aktris Korea Selatan Youn Yuh-jung memenangkan penghargaan di US Screen Actors Guild (SAG) Awards untuk peran pendukungnya dalam film drama Minari.

Bacaan Lainnya


Pada upacara SAG Awards 2021 yang disiarkan televisi pada Ahad (waktu AS), Youn dinobatkan sebagai pemenang Penampilan Luar Biasa Oleh Aktor Wanita dalam Peran Pendukung, mengalahkan Maria Bakalova untuk Borat Subsequent Moviefilm, Glenn Close for Hillbilly Elegy, Olivia Colman untuk The Father, dan Helena Zengel untuk News of the World.


“Saya tidak tahu bagaimana menjelaskan perasaan saya. Saya dikenali oleh orang Barat. Sangat, sangat terhormat bahwa rekan-rekan aktor saya memilih saya sebagai aktris pendukung (terbaik). Saya sangat senang dan bahagia. Terima kasih SAG,” kata Youn Yuh-jung dalam pidato penerimaan penghargaan dilansir The Korea Herald, Selasa (6/4).


Youn Yuh-jung adalah aktor Korea Selatan pertama yang memenangkan kategori akting individu dalam penghargaan itu. Tahun lalu, pemeran Parasite, sebagai pemenang Oscar meraih hadiah utama SAG, Penampilan Luar Biasa oleh Pemeran, atau ansambel terbaik, tetapi tidak ada aktor yang dinominasikan dalam kategori akting lainnya.


Veteran layar lebar berusia 73 tahun itu berperan sebagai nenek Soon-ja dalam Minari, yang disutradarai oleh sutradara Korea-Amerika Lee Isaac Chung. Film itu menceritakan kisah tentang keluarga imigran Korea yang menetap di pedesaan Arkansas.


Dia juga dinominasikan untuk aktris pendukung terbaik di Academy Awards mendatang, yang dijadwalkan berlangsung pada 25 April. Dia menjadi aktor Korea Selatan pertama yang mendapatkan dinominasikan dari salah satu penghargaan film paling didambakan di dunia.


SAG Awards adalah salah satu pendahulu Oscar, bersama dengan penghargaan lain yang diselenggarakan serikat pembuat film, termasuk Directors Guild of America (DGA).


Minari juga dinominasikan untuk ansambel terbaik dan aktor terbaik di SAG Awards, tetapi penghargaan diberikan kepada film ruang sidang AS The Trial of the Chicago 7 dan mendiang Chadwick Boseman untuk Ma Rainey’s Black Bottom.

Sumber: Republika

Pos terkait