Biden Ingatkan Warga AS, Akhir Pandemi Covid Masih Jauh

  • Whatsapp
Presiden Joe Biden.

Biden menyebut virus menyebar cepat karena orang berpikir pandemi segera berakhir.

WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan warga AS tentang penyebaran cepat varian baru Covid-19 di negara tersebut. Dia mengingatkan bahwa pandemi masih jauh dari usai.

Bacaan Lainnya

“Kasus-kasus meningkat, dan rawat inap tidak lagi menurun,” kata Biden dalam pidato yang disiarkan televisi pada Selasa. Dalam pidato itu dia memberikan informasi terbaru tentang kampanye vaksinasi di AS.

Biden mengatakan kepada publik AS bahwa garis finis pandemi masih jauh. Dia menyebut kematian meningkat di beberapa wilayah. Virus menyebar cepat karena orang-orang berpikir bahwa pandemi bakal segera berakhir.

Biden meminta warga agar berkumpul dalam kelompok kecil untuk perayaan seperti Hari Kemerdekaan yang diperingati pada 4 Juli mendatang. “Berapa banyak kematian, penyakit, dan penderitaan yang akan kita lihat antara sekarang dan nanti?” ujarnya.

Kendati demikian, Biden memuji laju dan cakupan vaksinasi di negaranya. Lebih dari 200 juta warga AS diharapkan akan divaksinasi pada akhir 100 hari pertama pemerintahannya.

Saat ini AS masih menempati posisi pertama sebagai negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Negeri Paman Sam telah mencatatkan lebih dari 30,8 juta kasus dengan korban meninggal melampaui 556 ribu jiwa.

sumber : AP/Reuters

Sumber: Republika

Pos terkait