PLN Dukung Pengembangan Pariwisata Berbasis UMKM di Kendal

  • Whatsapp
General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & DIY, M Irwansyah Putra (kanan) secara simbolis menandai sambungan listrik baru dalam mendukung prngembangan wisata berbasis UMKM   di kawasan Pantai Indah Kemangi, Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Selasa (6/4).

PLN lakukan pemasangan listrik dengan total daya 127.400 Volt Ampere (VA).

KENDAL — Dukung pengembangan pariwisata berbasis UMKM di Pantai Indah Kemangi, Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, PLN lakukan pemasangan listrik dengan total daya 127.400 Volt Ampere (VA).

Bacaan Lainnya

Pemasangan listrik baru ini merupakan program Electrifying Agriculture, yang dilakukan PLN bagi kebituhan listrik tambak, kebutuhan UMKM, musholla, dan kantor pengelola tempat wisata di pesisir utara Kabupaten Kendal tersebut.

Secara simbolis, penyambungan listrik tersebut dilakukan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & DIY, M Irwansyah Putra di kawasan Pantai Indah Kemangi, Selasa (6/4).

Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto beserta jajaran Forkopimda Kendal dan Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang, Donny Adriansyah. Dalam kesrmpatan tersebut, General Manager PLN  UID Jawa Tengah & DIY, M Irwansyah Putra mengatakan salah satu daya tarik wisata di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung adalah Pantai Indah Kemangi.

Pantai tersebut mempunyai keunikan tersendiri dan dapat dikembangkan menjadi lokasi untuk sport tourism, khususnya arena event jetski, di wilayah Kabupaten Kendal. Selain itu, pengembangan ekowisata di Pantai Indah Kemangi juga memiliki potensi besar lain, berupa UMKM, salah satunya adalah mulai dari produksi hingga  “Salah satunya adalah sentra produksi dan pengolahan ikan Bandeng,” jelasnya.

Dengan pertimbangan besarnya potensi pengembangan wisata berbasis UMKM tersebut, lanjut Irwansyah, maka PLN turut mengambil peran dengan menginisiasi program Electrifying Agriculture, di kawasan Pantai Indah Kemangi tersebut.

Melalui program Electrifying Agriculture tersebut, pelayanan listrik akan jauh lebih mudah, semakin terjangkau dan andal untuk mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan di Indonesia.

Tidak hanya di sektor pertanian, melainkan juga di sektor- sektor lain, seperti sektor perikanan, perkebunan dan peternakan. “Tak terkecuali sektor pariwisata berbasis UMKM,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PLN atas bantuan yang diberikan dalam mendukung pengembangan pariwisata di daerahnya tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PLN dan semua pihak yang terlibat atas dedikasi, komitmen, kerja keras, dan sumbangsihnya terhadap kemajuan pembangunan Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Sumber: Republika

Pos terkait